Hah ?? Belanda Bikin Gunung ??

“Wooouuwww!!! Gilaaaa…!!!!” What an Idea !!!

Setelah menciptakan mobil terbang, mengeringkan laut menjadi daratan (polder), membuat gedung berlantai belasan dengan berbagai bentuk, membuat rumah terapung, dan sekarang seakan tak pernah kehabisan ide, Belanda ingin membuat GUNUNG ditengah negaranya yang datar !!

Sebuah ide yang terdengar gila bukan ? tapi hal tersebut bukan sekedar isapan jempol belaka. Sekarang ini para ahli geografi, arsitektur, dan profesor dari berbagai bidang ilmu di Belanda sedang seru melakukan diskusi serius tentang rencana pembuatan gunung dinegaranya sendiri. Ide ini dilatar belakangi oleh kesukaan orang belanda pergi ke gunung untuk bermain ski di musim dingin, sehingga mereka tidak perlu lagi pergi ke negara lain jika sudah memiliki gunung sendiri.

Gunung ini akan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, lereng ski, terowongan bawah tanah, kincir angin, panel surya dan danau. Pol Tummers,  seorang insinyur Belanda mengatakan “God created the Earth, but the Dutch created the Netherlands.” Sebuah ungkapan rasa percaya diri bangsa yang harus di contoh oleh negara lain. 

Ide besar ini sudah mendapat dukungan dari 70 perusahaan besar dari berbagai bidang, mereka akan terlibat dalam proses pembangunan proyek ini. Sebesar 60 sampai 70 miliyar euro dana yang dianggarkan untuk menyelesaikannya. Sejauh ini sudah ada 8 titik yang akan dijadikan sebagai lokasi baik di darat maupun laut. Ketinggiannya juga tergantung dari lokasi yang ditentukan. Pembangunan proyek ini akan berlangsung lama, diperkirakan seperempat dari gunung tersebut akan diselesaikan dalam tiga sampai empat tahun. Para peneliti menargetkan di akhir tahun 2012 harus sudah mendapatkan kejelasan dan kelayakan tentang mega proyek ini.

Gimana ? fantastiskan ? Bisa gak kita menciptakan kreativitas yang nampaknya konyol menjadi nyata seperti yang sudah dilakukan orang Belanda !!?

Buang Sampah ala Belanda dengan Blikvanger

Orang Belanda memang kreatif, bahkan saking kreatifnya,  untuk urusan membuang sampahpun mereka mempunyai ide yang tak kalah gilanya guna mempermudah proses  membuang sampah. Dengan membuat Blikvanger  mereka semakin mudah jika ingin :membuang sampah.

Apa sih Blikvanger itu ?

Dalam bahasa Indonesia, blikvanger bisa diartikan sebagai penangkap kaleng. Namun fungsinya tidak hanya sebatas itu, blikvanger dapat digunakan juga untuk membuang sampah selain kaleng. Hal tersebut karena pada hakekatnya blikvanger adalah sebuah tempat sampah berbentuk lingkaran, dengan jaring didalamnya berbentuk kerucut. Blikvanger  ini ditempatkan di pinggir-pinggir jalan seperti halnya tempat sampah.

Sambil bersepeda biasanya orang Belanda melempar kaleng bekas minuman mereka ke dalam blikvanger. Kecil kemungkinan kaleng yang dilempar meleset karena diameter lingkaran blikvanger cukup besar yaitu satu meter. Sebuah keasyikan tersendiri ketika kaleng yang kita lempar berhasil masuk ke dalam keranjang blikvanger.

Nah,..mudahkan ? asik pula,.. apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan ide “gila” ala Belanda ini di lingkunganmu ? 🙂

Gambar : google images

Kalender Ulang Tahun Khas Belanda

Aku menulis tulisan ini karena terinspirasi dengan seorang dosen ketika bercerita tentang kehidupan dan budaya orang Belanda. Ternyata ulang tahun (verjaardag) merupakan hal yang penting bagi orang Belanda. bagi mereka mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman, tetangga, atau saudara yang merayakan adalah sebuah keharusan.Yang diberi ucapan selamat bukan hanya yang ulang tahun saja, melainkan juga relasinya misal orang tua, adik, kakak, bahkan tetangganya.

“selamat ulang tahun untuk anakmu ya” “selamat ulang tahun untuk saudaramu ya”. Begitulah kira-kira cuplikan ucapan selamatnya. selain itu, memberi kado  kepada yang berulang tahun juga merupakan hal yang penting, apapun kadonya.

Bagaimana orang belanda mengingat hari ulang tahun saudara atau temannya ??

Terkait dengan hal itu, orang belanda mempunyai kreativitas yang unik dibanding dengan bangsa lain. Jika kamu berkunjung ke Belanda, coba perhatikan kamar mandi di dalam rumah orang belanda ! Dari balik pintu kamar mandi atau diatas tisu kamar mandi kamu akan mendapati sebuah kalender. Kalender ini terbuat dari sebuah kertas dengan hiasan menarik yang berisi daftar tanggal dan bulan ulang tahun dari nama-nama teman dan saudara mereka. Itulah yang orang Belanda sebut sebagai verjaardagkalender (1), dalam bahasa Indonesia berarti Kalender Ulang Tahun.

Ya, dengan kalender ulang tahun yang ditempatkan di dalam kamar mandi orang Belanda mengingat hari ulang tahun teman maupun saudaranya. sambil “pup” sambil keingat siapa yang ulang tahun dihari tersebut hehehe. Kebayangkan gimana praktis dan efisiennya !? 🙂

Hello world!

Puff, akhirnya,… kelar juga nih blog. setelah sekian lama nggak ngebloging karena ada trouble dengan blog yang lama akhirnya hari ini bisa dapet “saluran” juga. ditengah-tengah kesibukan, aku sisipkan waktu untuk membuat blog ini dan semoga bisa berguna bagi siapapun yang membacanya.

selamat membaca !! 🙂